Popular posts

On Monday, February 25, 2013



Hal-hal yang disukai Nabi

·         Kekaguman Nabi dengan jumlah umatnya yang banyak
·         Nabi suka olahraga memanah
·         Menyukai kesabaran dan kehati-hatian
·         Menyukai perkataan yang baik

Hal-hal yang dibenci Nabi

·         Membenci kufur, fusuq, maksiat
·         Ramalan
·         Mengadu nasib
·         Pengaruh jahat
·         Kebohongan
·         Pengangkatan pemimpin yang lemah
·         Mereka yang mengambil harta anak yatim
·         Membenci banyak Tanya
·         Membenci menganggap diri sendiri suci
·         Membenci tidur sebelum shalat isya
·         Menumpuk harta
·         Menunda-nunda sedekah

Amalan yang disukai Nabi SAW

Imam Bukhari rahimahullah meriwayatkan di dalam Shahihnya :

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ عَنْ مَالِكٍ عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّهَا قَالَتْ كَانَ أَحَبُّ الْعَمَلِ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الَّذِي يَدُومُ عَلَيْهِ صَاحِبُهُ

Qutaibah menuturkan kepada kami dari Hisyam bin Urwah dari ayahnya dari Aisyah -radhiyallahu’anha-, dia berkata, “Amal yang paling disukai oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah yang dikerjakan secara terus menerus oleh pelakunya.” (HR. Bukhari dalam Kitab ar-Riqaq)

Imam Bukhari rahimahullah meriwayatkan di dalam Shahihnya :

حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ عَرْعَرَةَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ سَعْدِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا أَنَّهَا قَالَتْ سُئِلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الْأَعْمَالِ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ قَالَ أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ وَقَالَ اكْلَفُوا مِنْ الْأَعْمَالِ مَا تُطِيقُونَ

Muhammad bin Ar’arah menuturkan kepadaku. Dia berkata; Syu’bah menuturkan kepada kami dari Sa’d bin Ibrahim dari Abu Salamah dari Aisyah radhiyallahu’anha, dia berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya, ‘Amal apakah yang paling dicintai Allah?’. Maka beliau menjawab,”Yaitu yang paling kontinyu, meskipun hanya sedikit.” Beliau juga bersabda, “Bebanilah diri kalian dengan amal-amal yang mampu untuk kalian kerjakan.” (HR. Bukhari dalam Kitab ar-Riqaq).

Warna yang disukai Rasulullah SAW

            Selama ini mungkin kita hanya mengetahui bahwa Rasulullah atau Islam identik dengan warna hijau. Sebenarnya apa warna-warna favorit Rasulullah Muhammad saw?
Annas bin Malik mengatakan,
“Warna yang paling disukai oleh Rasulullah saw adalah hijau.”
Namun selain itu Rasul juga ternyata menyukai warna putih. Ada juga keterangan bahwa Nabi Muhammad saw pernah memakai pakaian berwarna hitam, merah hati, abu-abu dan warna campuran.
Imam Al-Ghazali dalam Ihya’ Ulumiddin berkata :
” Yang amat disukai oleh Nabi saw ialah warna putih.”
Ibnu Hajjar dalam Tanbih Al Akhbar mengatakan:
“Pada hari raya kami disuruh memakai pakaian berwarna hijau karena warna hijau lebih utama. Adapun warna hijau adalah afdhal daripada warna lainnya, sesudah putih.”
Ibnu Ady meriwayatkan dari Jabir r.a yang berkata:
“Aku pernah melihat Nabi saw memakai serban hitam yang dipakainya pada hari raya…”
Al Baihaqi meriwayatkan hadis dari Jabir r.a katanya :
“Pernah Rasulullah saw berpakaian yang bercorak merah pada dua hari raya dan pada hari Jumat.”
Al-Bukhari meriwayatkan dari Ibnu Abbas r.a. dia berkata :
“Pernah Nabi saw keluar dengan kepala yang dibalut sehelai kain yang berwarna abu-abu.”
Imam Bukhari meriwayatkan hadis dari Anas r.a, beliau pernah melihat :
“Nabi saw menutup kepalanya dengan kain biasa yang bercorak-corak warnanya.”

Makanan yang disukai Rasulullah
·        
           Kurma

            Kurma tak hanya nikmat dijadikan menu berbuka puasa. selain sunnah nabi berbuka puasa dengan kurma, ternyata kurma mengandung banyak manfaat dan khasiat yang bagik bagi kesehatan. Tamr (kurma kering) berfungsi untuk menguatkan sel-sel usus dan dapat membantu melancarkan saluran kencing karena mengandung serabut-serabut yang bertugas mengontrol laju gerak usu dan menguatkan rahim terutama ketika melahirkan.
            Penelitian terbaru menyebutkan bahwa, buah ruthab (kurma basah) mempunyai pengaruh mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa systolenya (kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi). Bahkan Allah SWT memerintahkan Maryam binti Imran untuk memakan buah kurma ketika akan melahirkan. Dikarenakan buah kurma mengenyangkan juga membuat gerakan kontraksi rahim bertambah teratur, sehingga Maryam dengan mudah melahirkan anaknya.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.

·         Susu Kambing

            Menurut Journal of American Medicine, susu kambing adalah makanan paling lengkap yang diketahui. Ia mengandung vitamin, mineral, elektrolit, unsur kimiawi, enzim, protein, dan asam lemak yang mudah dimanfaatkan tubuh Anda. Bahkan, tubuh Anda dapat mencerna susu kambing hanya dalam 20 menit. Bandingkan dengan 2-3 jam yang dibutuhkan untuk mencerna susu sapi!
            Susu kambing adalah susu yang paling mirip dengan susu ibu dari segi komposisi, nutrisi, dan sifat kimia alami. Hal ini membuat susu kambing menjadi makanan ideal untuk menyapih anak. Eter gliserol yang jauh lebih tinggi pada susu kambing dibandingkan pada susu sapi juga membuat beberapa dokter merekomendasikannya untuk perawatan gizi bayi yang baru lahir.
            Gejala-gejala seperti gangguan pencernaan, muntah, kolik, diare, sembelit dan masalah pernafasan dapat dihilangkan ketika susu kambing diberikan kepada bayi. Namun demikian, bila Anda memiliki bayi di bawah tiga tahun dan ingin memberikan susu kambing sebagai alternatif susu formula, berkonsultasilah dengan dokter Anda terlebih dahulu.
            Meskipun susu kambing adalah jenis susu yang disebut-sebut dalam Al Quran dan Alkitab dan meskipun di seluruh dunia lebih banyak orang meminum susu kambing daripada susu sapi, kita di Indonesia tidak terbiasa meminumnya. Orang Baratlah (Belanda) yang membiasakan kita semua lebih suka meminum susu sapi daripada susu
·         Madu
            Madu ternyata sangat baik untuk kesehatan kita. Madu dapat menyembuhkan dan mencegah berbagai macam penyakit dalam tubuh kita. Jadi tidak heran jika banyak orang yang mencari madu untuk dikonsumsi sehari-hari atau digunakan untuk mengobati penyakit.
Madu merupakan zat yang banyak mengandung gizi yang baik untuk tubuh. Diantaranya adalah protein, asam amino, karbohidrat, vitamin, mineral serta zat-zat lain yang bermanfaat seperti kalsium, kalium, magnesium, dan zat besi. Madu mengandung senyawa asetikolin yang dapat berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan dapat menurunkan tekanan darah. Madu juga kaya Antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selain kandungan bahan diatas, madu juga mengandung antibiotik dan berbagai asam organik seperti asam malat, sitrat, laktat, dan oksalat.

Berikut manfaat madu :


  •  Mengobati luka bakar.
  •  Memperkuat janin lemah didalam kandungan.
  •  Membantu meningkatkan perkembangan sel otak pada balita.
  •  Meningkatkan nafsu makan
  •  Dapat menurunkan kadar gula untuk penderita diabetes
  •  Mencegah maag, radang usus, dan infeksi lambung
  •  Menghancurkan batu ginjal batu kandung kemih
  •  Menghilangkan nyeri sakit gigi
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

·                       Saya baru saja baca artikel tentang bahaya minum air putih sambil berdiri (lihat di sini). Dan dalam ajaran Sunnah Rasulullah, minum air sambil berdiri adalah salah satu perbuatan yang dibenci Rasulullah. Tapi saya baru mendapat penjelasan ilmiahnya di sini.

·                         Lalu saya teringat dengan pekerjaan lainnya yang tidak disukai Rasulullah, yaitu meniup makanan dan minuman (terutama yang masih panas). Bapak saya yang mulai memasuki senja pernah kasih penjelasan, kalau kita terbiasa meniup makanan atau minuman, CO2 yang keluar dari mulut kita akan menempel dan kembali masuk ke dalam tubuh kita. Padahal, zat ini sama sekali tidak dibutuhkan oleh tubuh. Terkait dengan minum sambil berdiri, saya mencoba mencari penjelasan tentang meniup makanan. Ternyata saya dapat keterangan di sini dan di sini. Singkatnya dari kedua tautan itu, bahwa uap air panas yang mengandung senyawa H2O yang bertemu dengan nafas kita yang mengandung senyawa CO2 bisa menimbulkan senyawa asam karbonat (H2CO3).
·               (H2CO3) yang masuk ke dalam tubuh secara berlebihan akan mengakibatkan ketidakseimbangan asam basa; terlalu sedikit asam dan kebanyakan basa, atau kebanyakan asam dan kekurangan basa. Akibatnya darah yang bertugas membawa O2 tidak seimbang dan akan memicu kita bernafas lebih cepat dan dalam. Bayangkan kalau tiap hari tiap waktu kita menarik nafas dalam dan lebih cepat. Ngos-ngosan pasti. Kalau begitu, tunggu saja biar air itu dingin secara alami.



{ 2 comments... read them below or Comment }