Popular posts

On Friday, February 22, 2013





Kolom ini berisikan kata-kata mutiara dari berbagai tokoh yang menjadi panutan umat. Allahumma shalli wa sallim wa baarik alaihi.


Ibadah dan pengetahuan sambil makan haram adalah seperti konstruksi pada kotoran. (Imam Al Ghazali)

Belum pernah saya berurusan dengan sesuatu yang lebih sulit daripada jiwa saya sendiri, yang kadang-kadang membantu saya dan kadang-kadang menentang saya. (Imam Al Ghazali)

Barangsiapa yang memilih harta dan anak – anaknya daripada apa yang ada di sisi Allah, niscaya ia rugi dan tertipu dengan kerugian yang amat besar. (Imam Al Ghazali)

Barangsiapa yang menghabiskan waktu berjam – jam lamanya untuk mengumpulkan harta kerana ditakutkan miskin, maka dialah sebenarnya orang yang miskin. (Imam Al Ghazali)

Barangsiapa yang meyombongkan diri kepada salah seorang daripada hamba – hamba Allah, sesungguhnya ia telah bertengkar dengan Allah pada haknya. (Imam Al Ghazali)

Berani adalah sifat mulia kerana berada di antara pengecut dan membuta tuli. (Imam Al Ghazali)

Pemurah itu juga suatu kemuliaan kerana berada di antara bakhil dan boros. (Imam Al Ghazali)

Bersungguh – sungguhlah engkau dalam menuntut ilmu, jauhilah kemalasan dan kebosanan kerana jika tidak demikian engkau akan berada dalam bahaya kesesatan. (Imam Al Ghazali)

Cinta merupakan sumber kebahagiaan dan cinta terhadap Allah harus dipelihara dan dipupuk, suburkan dengan shalat serta ibadah yang lainnya. (Imam Al Ghazali)

Ciri yang membedakan manusia dan hewan adalah ilmu. Manusia adalah manusia mulia yang mana ia menjadi mulia kerana ilmu, tanpa ilmu mustahil ada kekuatan. (Imam Al Ghazali)

Hadapi kawan atau musuhmu itu dengan wajah yang menunjukkan kegembiraan, kerelaan penuh kesopanan dan ketenangan. Jangan menampakkan sikap angkuh dan sombong. (Imam Al Ghazali)

Ilmu itu kehidupan hati daripada kebutaan, sinar penglihatan daripada kezaliman dan tenaga badan daripada kelemahan. (Imam Al Ghazali)

Yang paling besar di bumi ini bukan gunung dan lautan, melainkan hawa nafsu yang jika gagal dikendalikan maka kita akan menjadi penghuni neraka. (Imam Al Ghazali)

Kita tidak akan sanggup mengekang amarah dan hawa nafsu secara keseluruhan hingga tidak meninggalkan bekas apapun dalam diri kita. Namun jika mencoba untuk mengendalikan keduanya dengan cara latihan dan kesungguhan yang kuat, tentu kita akan bisa. (Imam Al Ghazali)

Sifat utama pemimpin ialah beradab dan mulia hati. (Imam Al Ghazali)

Kebahagiaan terletak pada kemenangan memerangi hawa nafsu dan menahan kehendak yang berlebih-lebihan. (Imam Al Ghazali)

Kalau besar yang dituntut dan mulia yang dicari,maka payah melaluinya, panjang jalannya dan banyak rintangannya. (Imam Al Ghazali)

Jadikan kematian itu hanya pada badan kerana tempat tinggalmu ialah liang kubur dan penghuni kubur sentiasa menanti kedatanganmu setiap masa.  (Imam Al Ghazali)

Pelajari ilmu syariat untuk menunaikan segala perintah Allah SWT dan juga ilmu akhirat yang dapat menjamin keselamatanmu di akhirat nanti.  (Imam Al Ghazali)

Menuntut ilmu adalah taqwa. Menyampaikan ilmu adalah ibadah. Mengulang-ulang ilmu adalah zikir. Mencari ilmu adalah jihad. (Imam Al Ghazali)

Kecintaan kepada Allah melingkupi hati, kecintaan ini membimbing hati dan bahkan merambah ke segala hal. (Imam Al Ghazali)


Aku tertawa (heran) kepada orang yang mengejar-ngejar dunia padahal kematian terus mengincarnya, dan kepada orang yang melalaikan kematian padahal maut tak pernah lalai terhadapnya, dan kepada orang yang tertawa lebar sepenuh mulutnya padahal tidak tahu apakah Tuhannya ridha atau murka terhadapnya. (Salman al Farisi/Az Zuhd, Imam Ahmad)

Hati hanya akan cenderung tertarik mencintai yang selalu berbuat baik kepadanya. Heran, bagaimana seseorang tidak mencintai Allah Yang satu-satunya selalu berbuat baik kepadanya. (Abu Mu'az Ar Raji)

Kepuasan seluruh manusia adalah keinginan yang tidak mungkin tercapai. (Imam Asy-Syafi’i)

Jangan lupa menghibur hatimu walau hanya sesaat. (Imam Ad-Daylami)

Aku menangis bukan karena dosa-dosa yang kuperbuat. Tapi, aku khawatir telah mengerjakan amal yang kelihatannya sederhana. Tapi, ternyata ia begitu mulia di mata Allah. (Muhammad ibn Al-Munkadir, ulama salaf sesaat menjelang kematiannya)

Nikahilah (anak) gadismu dengan laki-laki taqwa, jika ia mencintainya ia akan menghormatinya, jika ia marah ia tidak akan menzhaliminya. (Hasan ibn Ali)

Imam Ahmad ditanya; ‘Kapan seorang hamba mulai merasakan ketenangan?’. Dia menjawab; ‘Saat pertama kali menapakkan kakinya di surga’. (Imam Ahmad)

Hidup di bawah naungan Al-Qur’an adalah suatu nikmat. Nikmatnya tidak dimengerti kecuali oleh orang-orang yang merasakannya. (Sayyid Quthub)

Aku yakin bahwa rezekiku tidak tertukar, karena itu hatiku tenang. Aku yakin amalku tidak mungkin digantikan oleh yang lain, karena itu aku semangat beribadah. Aku yakin bahwa Allah mengawasiku, karena itu aku malu bermaksiat. Aku yakin bahwa mati selalu membuntutiku, karena itu aku selalu siap menghadapinya. (Hasan Al-Bashri)

Jadilah seperti pohon kayu yang lebat buahnya, tumbuh di tepi jalan. Dilempar buahnya dengan batu, tetapi tetap dibalas dengan buah. (Abu Bakar As-Siddiq)

Sungguh, orang mukmin akan sedikit bicara dan banyak kerja, sedang orang munafik banyak bicara dan sedikit kerja. (Abdurrahman Al-Auza’i)

Jika ada peluang untuk mengerjakan kebaikan, maka lekas-lekaslah Anda kerjakan sebelum datang pemisah antara dirimu dan kebaikan tersebut. (Imam Ahmad ibn Hambal)

Hati-hatilah terhadap firasat seorang Mukmin Ia bisa melihat dengan cahaya Allah. (HR.Tirmdzi dan Thabrani)

Ali Zainal Abidin putra Husein RA setiap kali selepas berwudhu terlihat gemetar dan pucat pasi. Kala di tanyakan padanya beliau menjawab: Tahukah kalian kepada siapa aku akan menghadap dan bermunajat? Pentingkah? Bila hidup adalah sebuah danau yang tenang atau suatu bah air yang keruh? Ia tak abadi, jutaan binatang hidup tanpa cemas, merpati tak tahu apakah ia makan nanti malam? Tetapi ia tetap bersenandung dari gajah sampai unggas. Semua adalah hasil ciptaan Tuhan dan bergantung padan-NYA, pemberi rejeki yang maha Agung. (Jalaluddin Rumi)

Perkataan Ali bin Abi Thalib pada putranya Al-hasan:
Anakku, jagalah dariku empat hal yang tidak akan membahayakanmu: kekayaan yang sebenar-benarnya adalah akal, kemiskinan terbesar adalah kebodohan, sesuatu paling menakutkan adalah ujub, dan paling mulia perhitungannya adalah budi pekerti yang luhur. Jangan engkau bertemandengan pendosa, karena ia akan menjualmu dengan sangat murah. Dan janganlah berteman dengan pembohong, karena ia seperti fatamorgana mendekatkan padaku yang jauh dan menjauhkan darimu yang dekat. Impian itu adalah rahmat Allah bagi umatku. Kalaulah bukan karena impian, seorang ibu tidak akan menyusui anaknya. Dan, seorang anak tidak akan menanam pohon.(Ad-Dailami)

Sesungguhnya Allah tidak melihat gambar kalian, tidak pula perhitungan kalian, dan tidak pula harta kalian, melainkan Dia melihat hati dan perbuatan kalian. (HR. Ath-Thabrani)


Kalau besar yang dituntut dan mulia yang dicari, maka payah melaluinya, panjang jalannya dan banyak rintangannya. (Imam Al-Ghazalie)


Wahai anak! Nasehat itu mudah, yang sulit adalah menerimanya; karena terasa pahit oleh hawa nafsu yang menyukai segala yang terlarang. (Imam Al-Ghazalie) 

Wahai anak! Janganlah engkau hidup dengan kemiskinan amal dan kehilangan kemauan kerja. Yakinlah bahwa ilmu tanpa amal semata-mata tidak akan menyelamatkan orang. (Imam Al-Ghazalie)


Wahai anak! Hiduplah sebagaimana maumu, namun ingat! bahwasanya engkau akan mati. Dan cintailah siapa yang engkau sukai, namun ingat! engkau akan berpisah dengannya. Dan berbuatlah seperti yang engkau kehendaki, namun ingat! engkau pasti akan menerima balasannya nanti. (Imam Al-Ghazalie)

Barang siapa yang menghabiskan waktu berjam-jam lamanya untuk mengumpulkan harta karena ditakutkan miskin, maka dialah sebenarnya orang yang miskin. (Imam Al-Ghazalie)

Ciri yang membedakan hewan dan manusia adalah ilmu. Manusia adalah manusia mulia  yang mana ia menjadi mulia karena ilmu, tanpa ilmu mustahil ada kekuatan. (Imam Al-Ghazalie)

Ilmu itu kehidupan hati daripada kebutaan, sinar penglihatan daripada kedzaliman dan tenaga badan daripada kelemahan. (Imam Al-Ghazalie) 


 

 

 

  



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments