Popular posts

On Monday, March 11, 2013




Dari Said bin Zaid ra. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,”10 orang pasti masuk surga. Abu Bakar di surga, Umar di surga,  Utsman di surga, Ali di surga, Az-Zubair, Thalhah, Abdurrahman bin ‘Auf, Zubair bin Awwam ,Abu ‘Ubaidah ibnul Jarrah, Sa’d bin Abi Waqqash.”

(Said bin Zaid) terdiam dan karena Rasulullah tidak menyebutkan yang ke-10. Ketika Said Bin Zaid menanyakan siapakah yang ke-10, beliau menjawab bahwa orang itu adalah dirinya ( Said bin Zaid ) sendiri. ” (HR At-Tirmizy)
(1) Abu Bakar as Siddiq ra. Nama aslinya adalah Abdullah bin abi Quhafah. Usia beliau 63 tahun, sama seperti Rasulullah saw. Dia termasuk orang yang  pertama  masuk  islam.  Manusia  terbaik  setelah  Rasulullah  saw. Mengemban kekhilafahan selama 2,5 tahun.

(2) Abu Hafs Umar bin Khatab ra. Umar masuk islam di Mekah, dan mengikuti seluruh peperangan bersama Rasulullah saw. Umar mengemban kekhalifahan selama 10 tahun 6,5 bulan. Terbunuh pada akhir DzulHijjah 23 Hijriyah, pada usia 63 tahun sesuai dengan usia Rasulullah saw. Akan tetapi ada perselisihan pendapat tentang usia beliau ini.

(3) Abu Abdullah Ustman bin Affan ra. Utsman masuk islam pada awal datangnya islam di Mekah. Melakukan hijrah 2 kali (Habasayah dan Medinah). Menikahi 2 puteri Rasulullah saw. Mengemban kekhilafahan  selama 12 tahun kurang 10 hari. Terbunuh  pada 18 Dzul Hijjah tahun ke-35 Hijriah  ba’da Ashar. Saat itu ia sedang puasa. Ia meninggal pada usia 82 tahun.


 (4) Abu al Hasan Ali bin Abi Thalib ra, Dia adalah cucu Abdul Mutthalib, sepupu Rasulullah saw.Ali  bin  Abi  Thalib  menikah  dengan  Fatimah  puteri  Rasulullah  saw. Kemudian lahirlah hasan, Husein dan Muhassin dari pernihan ini. Ali mengemban kekhilafahan selama 4 tahun 7 bulan lebih beberapa hari. Ada  beberapa  pendapat berbeda mengenai hari. Ia mati terbunuh saat usianya 63 tahun. Pada saat itu disebut tahun Jama’ah, tahun 40 H.

 (5) Abu Muhammad Thalhah bin Ubaidillah ra. Thalhah masuk islam pada awal datangnya islam di Mekah. Turut serta dalam Perang  Uhud. Dia tidak turut dalam Perang  Badar  karena  saat  itu  ia  di  Syam  untuk  berdagang. Tetapi Rasulullah  saw  memberikannya  harta   rampasan  perang  Badar  dan menetapkannya sebagai ahli Badar.

(6) Abu Ubaidillah Zubair bin Awwam ra. Zubeir berhijrah dua kali (Habasayah dan Medinah). Dan ia shalat dua kiblat (sebelum dirubah menghadap ka’bah, dahulu kaum muslimin shalat menghadap masjidil Aqsa). Ia adalah orang yang pertama kali menghunus pedangnya di perang fi sabilillah . Ia disebut hawaryy Rasulullah saw.

 (7) Sa’ad bin Abi Waqas ra. Sa’ad masuk islam pada awal  datangnya Islam di Mekah. Ia brkt:“Saya adalah orang ketiga  yang masuk Islam“ Ia merupakan orang yang terakhir meninggal diantara 10 orang yang mendapat kabar gembira masuk surga.
·          
(8) Abu al ‘Awar Said bin Zaid bin Amr ra. Said bin Zaid adlh sepupu Umar bin Khatthab ra, Ia masuk islam pada awal datangnya islam di Mekah.Namun ia tidak turut dalam Perang Badar.

 (9) Abu Muhammad Abdurrahman bin Auf bin Abdi Auf ra.Ia  masuk Islam pada awal datangnya Islam di Mekah. Turut  serta  dalam Perang  Badar  dan  seluruh  peperangan  setelahnya bersama Rasulullah saw. Dalam riwayat    sahih    disebutkan      bahwa Rasulullah saw pernah menjadi  makmum shalat padanya saat Perang Tabuk. Abdurrahman meninggal di Madinah, dan dimakamkan di Baqi’ tahun 32 H Usman ikut menyolati jenazahnya. Ia wafat pada usia 72 tahun.

(10) Abu Ubaidah Amir bin Abdullah bin al Jarrah ra. Ia masuk islam pada awal datangnya islam di Mekah, Turut serta dalam Perang Badar dan beberapa peperangan  setelahnya bersama Rasulullah SAW.saat Perang  Uhud,  ia  mencabut  dua  gelang (dari  rajutan  baju  besi)  yang menancap  di  wajah  Rasulullah  saw  dengan  gigi  depannya.Akibatnya, tanggallah 2 giginya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments