Popular posts

On Wednesday, March 5, 2014


Para ulama menfatwakan bahwa sesungguhnya bagian dari iman yang sempurna terhadap Nabi Muhammad saw adalah mempercayai bahwa Allah swt menciptakan jasad Nabi Muhammad saw yang mulia dalam rupa yang tidak ada kesamaannya, sebelum dan sesudanya. Beliau diciptakan oleh Allah swt dengan bentuk dan rupa yang paling indah yang mencakup seluruh keindahan dan ketampanan.

Rasulullah saw adalah orang yang paling tampan dan menawan bila dipandang dari jauh dan sangat bagus dan manis bila dipandang dari dekat.

Al-Barro' bin Azib berkata, ''aku belum pernah melihat orang berjamban hitam dan berbaju merah yang lebih bagus daripada Rasulullah saw''.

Abu Hurairah berkata, ''saya tidak melihat sesuatu yang lebih indah daripada wajah Rasulullah saw, seolah-olah matahari bergerak di wajahnya, dan ketika senyum wajahnya berkilau seperti bulan purnama''.

Anas bin Malik r.a berkata, ''saya tidak pernah menyentuh sutera yang lebih halus daripada telapak tangan Rasulullah saw, dan saya tidak pernah mencium aroma apapun yang lebih harum daripada Rasulullah saw''.

Ali bin Abi Thalib K.w. Apabila melukiskan fisik Rasulullah saw , selalu berkata, ''Rasulullah tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek, sedang perawakannya diantara setiap kelompok orang, rambutnya tidak keriting dan tidak lurus, tetapi mirip berombak, tidak terlalu gemuk badannya, dan tidak terlalu bulat wajahnya, lembut pipinya dan berwarna putih kemerahan, sangat hitam dan lebar matanya serta lentik bulu matanya, berambut dadanya, indah dan besar pangkal pundaknya. Apabila menoleh, maka menoleh secara sempurna, dan jika berjalan agak bergoyang dan tegap. Diantara dua pundaknya terdapat tanda kenabian. Beliau Nabi terakhir, penutup nabi-nabi , lapang dada, tanggap dan fasih, lembut wataknya dan bagus pergaulannya, orang yang melihatnya secara spontan pasti takut karena wibawanya dan orang yang biasa bergaul dengannya pasti mencintainya, orang yang melukiskan Beliau akan berkata: saya belum pernah melihat orang seperti beliau sebelum maupun sesudahnya (HR. Tirmidzi).

Mari kita Bershalawat kepadanya,, Shollu 'Ala Nabii Muhammad...

Sumber: buku berjudul 'Aqidah Ahlussunnah wal jama'ah (Aswaja) oleh Al Habib Zainal Abidin Al Alawy.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments